Temen kerasukan pas nton barongan

Teringat masa indah kecil dulu ,..gembira banget Jika diajak nonton barongan,.. pada masa sakit pun sampai digendong sama kakak, waktu itu belum punya sepeda ,.kendaraan motor pun masih jarang, hnya bisa jalan kaki mengikuti alur jalan di pinggiran sawah dan sungai menempuh jalur yg lebih dekat saja .supaya bisa sampai ditempat tidak kesiangan yang ada kesenian barongan tersebut , sambil kakak memgendong saya istiraht sejenax dipinggiran sungai membeli es teh disaring ketika itu ,sebab kakak tidak tega ninggalin saya seorang diri dirumah, ibu saya mantan tkw arab Saudi,..bpk nyari rumput buat pakan sapi .makanya, jadi kemana2 kakak pergi saya ikut kecuali kakak brangkt sekolah loh ya,.😊

Nah, cuaca yang sangat panas kakak,saya bertemu temanya dengan tidak sengaja ditempat tersebut, ternyata banyak yang menyukainya meskipun sungguh menakutkan sekali ketika sang dawangan lari mengejar kita😂🤣🤣 wajahnya yang seram itu membuat ATI dag dit dug duer seperti jatuh cinta saja, hehe,.. kali dawangan itu mirip ondel2 khas masyarakat betawi jakarta.. kalau ondel2 cantik dan ganteng kalau dawangan itu mukanya lebih menyeramkan itu muka cwoknya tp yang cewex cantik kok seperti boneka malahan,yang dibuat dengan reracutan bambu yang dibentuk meninggi dan mukanya terbuat dari kayu yang telah diukir ,trs dipakai in pakain yang menutupi bagian tubuh dawangan, kesenian trsebut yang secara bergantian cara mainnya biasanya dari kuda lumping, barongan, trs baru dawangan (kalau sampai dikejar rasanya punya tantangan trsendiri) sampai kecebur disungai sawah dan lain lain🤣🤣

Tp,..entah kenapa? Kalau suara music gamelan mulai dibunyikan kok badan juga ingin ikut berjoget pas para penari kuda lumping keluar dari arena,.. music dengan swara khas nya itu loh sungguh nano nano sekali,..disertai sesindenan jawa, tarian yang gemulai rsanya mengundang saya ingin ikut serta,..sebenarnya saya sudah pernah izin sama ortu untuk gabung dikelompok itu, malah ibu bilang kalau kamu mau ikut latihan boleh tapi kamu tidak usah pulang sana tdr sama barongan dan dawangan (serem masak tidur dengan benda2 trsebut ) saya fikir begitu.wajar sih kalau ibu saya memarahi saya sebab ibu mungkin takut aja jika saya kesurupan entar bisa makan pecahan2 lampu silet dll, saya dari kecil sudah menyukai nya dimanapun ada kesenian tersebut pasti nonton .seorang teman bilang emang kamu saja banget sama barongan, saya jawab iya, terus dia bilang pantesan dimana ada barongan pasti ada kamu🤣🤣.

Oh ya ,.. tak hanya itu? Ada temen saya yang trauma telah menonton barongan.. pas kuda lumping kerasukan,.. setan yang menempel di penari trsebut pindah ke temen saya,.. tiba2 matanya putih semua sambil jejogetan tidak jelas, mungkin dikarenakan matanya tidak bisa melihat yang kondisi matanya seperti itu,,..meskipun bisa ditangani tidak jejogetan sampai rumah pun matanya blm bisa kembali, katanya sang yang bisa menyembuhan waktu kesurupan itu setanya udah senang dengan tubuh dia. Sebab dulu setan itu udah masuk ketubuh teman saya dan itu ternyata Masuk ketubuh temen saya yang ke 2x nya. Udah dibilang kalau ada barongan tidak usah nonton soalnya udah pernah kerasukan takutnya setanya masih ingin msuk kebadan dia, eh yang ditakutin trnyata trjadi beneran,.. efek temen yang udah ngeyel masih kekeh pengen nonton. Sampai sekarang pun dia tidak berani takut terulang kembali. nonton pas kerasukan itulah dia nonton yang keterakhir kalinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s